Selasa, 01 Maret 2016

MENABUNG SEKARANG ATAU NANTI ??



Assalamualaikum wr. wb

Bagaimana cara mengatur keuangan agar stabil??
pertanyaan ini yang selalu muncul dalam pikiran saya setelah menikah, mungkin bagi sebagian orang yang sudah memiliki penghasilan tetap hal ini tidak menjadi masalah. tapi bagi seseorang yang memiliki penghasilan minim atau bahkan tidak pasti hari ini akan ada pemasukan ato tidak akan menjadi masalah yang besar. apalagi bagi pasangan yang baru menikah seperti saya hal ini akan menjadi tugas baru bagi saya untuk memikirkan bagaimana cara mengelola keuangan keluarga dengan baik yang tujuannya untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga.


hal yang harus diketahui dalam mengatur keuangan keluarga bukanlah hal yang mudah, kita perlu belajar dari pengalaman pribadi atau bahkan dari pengalaman orang lain. banyak hal yang perlu dipikirkan mulai dari membuat anggaran untuk keperluar bulanan, menyiapkan dana pendidikan untuk anak, investasi, dll. sebenarnya sih dalam mengatur keuangan keluarga kita perlu banyak belajar bijak, apalagi kita yang sudah terbiasa dengan pola hidup konsumtif ketika saya belum berkeluarga saya orang yang paling sulit untuk mengatur keuangan secara baik. meskipun memiliki background keuangan saya merasa perlu belajar dan konsisten terhadap apa yang sudah saya buat terhadap keuangan pribadi saya.

ada berapa cara yang harus dilakukan agar bisa mengelola keuangan keluarga :

  • Catat semua pengeluaran sehari-hari termasuk pengeluaran untuk parkir sekalipun, hal ini dilakukan agar kita bisa mengetahui secara pasti berapa biaya yang sudah kita keluarkan selama satu hari dan itu berlanjut hingga satu bulan, atau mungkin kita bisa mereview pengeluaran bulan sebelumnya untuk menentukan anggaran untuk bulan berikutnya.
  • Buatlah target/ perencanaan untuk masa depan, nah kalau kita mempunyai target yang ingin dicapat maka kita bisa dengan mudah menyisihkan penghasilan kita, agar bisa memenuhi target yang sudah kita buat.
  • Menabung merupakan kewajiban, jadi ketika kita sudah menerima gaji kita wajib menyisihkan uang untuk di tabung, jadi prinsipnya menabung itu harus ditentukan dari awal nominalnya, bukan sisa setelah dikurangi biaya hidup, dari beberapa buku yang pernah saya baca prosentase tabungan yang ideal yang harus disisihkan adalah 15 % dari penghasilan. kalau menurut pakar keuangan sih bagian penghasilan yang harus disisikan adalah 30 % atau minimal 10 % dari gaji.  atau kalau misalnya ini terlalu besar cobalah untuk menurunkan gaya hidup sedikit setidaknya untuk mengurangi pembekakan biaya yang harus dikeluarkan.
  • Memiliki rekening lebih dari satu, cara ini lebih efektif lo teman-teman, dari pengalaman pribadi sih yah, q memiliki 3 rekening, rekening pertama yang aku pakai untuk gajian, rekening kedua yang biasa digunakan untuk keperluan pribadi (biasanya untuk keperluan transport, listrik, air, nongkrong, dll) FYI kedua rekening ini saya memakai ATM, nah rekening yang ketiga ini saya tidak pakai ATM, dan rekening ini merupakan rekening yang saya khususkan untuk investasi jdi setiap bulan rekening ini mendebet secara otomatis dari rekeing induk. bahasa gampangnya itu kita dipaksa nabung, hehehe.. tapi beneran deh dengan cara ini kadang saya merasa g berat, karena uang itu kita anggap g ada aja,, (dari pada habis buat shoping, mending habis buat tapenas )hehehehe
  • teman-teman juga bisa lo menabung dengan cara menyisihkan uang tertentu, sebagai contoh nih ya nabung dengan uang nominal 20.000 jadi setiap kita menemukan uang 20.000 di dompet kita wajib masukkan ke celengan, kalau saya pribadi lebih suka pake botol air mineral bekas, kan lucu tuh kalau udah penuh warnanya jdi ijo-ijo bikin semangat nabung deh.
      
  • Jangan lupa jangan pernah sepelekan uang recehan, klo kita dapat kembalian dari toko atau parkir langsung aja kita simpen di botol bekas tadi lama-lama kan banyak tuh, lumayan kan, hehehe   (fyi : uang receh yang sudah saya kumpulkan ada 2 toples sosis ukuran sedan lo, alhamdulillah sangat berguna sekali, apalagi dalam keadaaan darurat. hehehe)
      

  • Amplop keuangan, kalau ini sih cara nya sedikit ribet, jadi biasakan setiap kita menerima gaji alokasikan dana untuk keperluan sehari-hari, investasi, bayar hutang pada amplop yang sudah diberi judul masing-masing.
  • kita juga bisa lo mencoba investasi dalam bentuk lain, misalnya Emas, Reksadana, dll yang kenaikan nya lebih besar daripada tabungan biasa.



  • nah yang terakhir adalah konsisten, jadi kita harus mentaati dan menjalankan apa yang sudah kita rencanakan tadi, karena klo kita sendiri gak konsisten g mungkin bisa terealisasi.
well segini aja yah tips menabung ala aku, dan alhamdulillah hal di atas sudah saya terapkan, semoga bisa konsisten yah, tips-tips diatas diambil dari berbagai sumber dan dari pengalaman pribadi yang sudah di terapkan, alhamduliilah sangat membantu untuk belajar berinvestasi, selain itu menabung juga sangat membantu ketika kita mendadak membutuhkan dana darurat misallnya untuk membiayai Rumah Sakit, bayangkan kalau kita tidak memiliki tabunga, uang apa yang akan kita pake, apa iya harus berhutang sana sini, itupun kalau ada yang mau kasih, kalau tidak gimana? apa iya kita pasrah begitu saja, selama kita masih sehat kenapa kita tidak menyiapkan dana itu dari sekarng.  kalau bukan sekarang kapan lagi, bener kan??

sekian dari saya,,, 
see you in the next post (^_6)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir di blog ini.. (^_^)

salam hangat
Zahrazhie